Memancing, Dari Hobi Sampai Bisnis Meraup Cuan

Posting Komentar
Memancing bagi sebagian angler adalah hobi. Memancing juga menjadi sebuah olahraga ketika angler berjalan dari spot satu ke spot yang lainnya, melempar umpan, menerapkan teknik casting yang  membutuhkan tenaga ekstra dan melawan panasnya sengatan matahari. Belum lagi jika sudah fight dengan ikan besar. Selain tenaga, konsentrasi agar ikan tidak lepas dan bisa landed, tentu harus punya piranti yang mumpuni menyesuaikan dengan ikan target yang akan dipancing.

bisnis mancing, bisnis memancing, menghasilkan uang dari hobi memancing, hobi mancing menghasilkan uang
Gambar: miyoel.com


Memancing adalah hobi yang unik dan bisa digeluti oleh semua strata masyarakat. Memancing ikan-ikan kecil hanya perlu joran alakadarnya, tali pancing yang murah meriah, kail dan umpan yang bisa dicari sendiri tanpa harus beli. Kegiatan ini bisa dilakukan oleh siapapun tanpa memandang status ekonomi seseorang. Semakin meningkat target ikan yang akan dipancing, seorang angler akan berpikir untuk mengupgrade piranti pancingnya, baik joran, reel, senar pancing, kail. Dan akan sampai pada puncaknya adalah seorang pemancing profesional ketika ikan target berukuran sangat besar, ketika spot mancing tidak lagi di sungai kecil di depan rumah atau kolam ikan kiloan. Piranti yang digunakan pun tidak lagi yang standar, tapi sudah kelas profesional yang harganya bikin jiwa miskin berontak dengan kencang.

Bagi angler oportunis, memancing yang berawal dari hobi bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah jika digeluti dengan benar. Angler oportunis dan berjiwa bisnis akan melihat beberapa peluang dari hasil pengalamannya sebagai angler ketika membeli piranti, ketika menyewa kapal, menyewa bagan di tengah laut atau ketika membeli umpan untuk memancing. Angler oportunis akan bisa melihat betapa besar potensi dari bisnis memancing ini karena pemancing jumlahnya sangat banyak tersebar dari kota besar sampai dengan pelosok desa. 

Tidak percaya kalau pemancing itu jumlahnya banyak? Silahkan cek komunitas-komunitas memancing ketika sedang ada lomba mancing. Silahkan lihat pemancing di kolam galatama atau kiloan yang jarang ada sepinya. Silahkan cek di pinggiran muara, dam atau pelabuhan setiap akhir pekan. Masih kurang? Silahkan berselancar di dunia internet mulai dari jual beli piranti dan peralatan mancing, komunitas mancing di media sosial seperti facebook. Cek juga di televisi yang menampilkan salah satu acara memancing. Acara tersebut bertahan cukup lama di televisi tentu saja karena banyak pemirsa yang menontonnya. 

Ada banyak orang yang menekuni hobi tentu ada banyak cuan yang ikut berputar mengiringinya. Nah, bagi sobat angler yang juga berniat melihat potensi-potensi meraup cuan dari hobi dan bisnis memancing ini, berikut beberapa peluang bisnis yang bisa menghasilkan uang dari hobi memancing.

Toko Alat Mancing

Berbekal sudah paham tentang seluk-beluk peralatan dan perlengkapan mancing karena sudah sekian lama menggeluti hobi mancing, membuka toko alat mancing adalah salah satu opsi untuk mengais pundi rupiah dari bisnis memancing. Toko alat mancing yang sobat angler buka adalah untuk menjual alat-alat dan perlengkapan mancing seperti joran, reel, tali pancing atau senar pancing, timah, pelampung, dan perlengkapan mancing lainnya. Jika sobat angler punya dana lebih silahkan menyiapkan lokasi yang cukup strategis, bisa lahan milik sendiri atau sewa toko atau ruko. Di awal mendirikan toko alat mancing, sobat harus rajin berselancar untuk mencari distributor atau agen penjual peralatan dan perlengkapan mancing yang lengkap dan harga yang murah. Jika toko sudah ramai, biasanya agen dan distributor akan menyambangi toko alat mancing sobat untuk memasok semua peralatan dan perlengkapan memancing yang sedang dibutuhkan.

Satu hal yang tidak boleh sobat lewatkan di tengah pesatnya kemajuan internet dan jual-beli secara online adalah sobat harus memanfaatkan internet untuk membuka toko virtual (online) di merchant penjualan online. Secara gratis sobat bisa membuka akun untuk bisa berjualan online di Tokopedia, Buka Lapak, Lazada, Shopee dan lainnya. Ketika penjualan secara fisik hanya menjangkau ruang lingkup yang kecil di dekat wilayah sobat maka penjualan secara online akan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Harga yang lebih murah, pengemasan yang aman dan cepat, ada diskon seperti cashback atau gratis ongkos kirim (ongkir) akan menjadi nilai plus toko online sobat di mata para pembeli nantinya. Ke depan, penjualan online inilah yang akan menjadi motor utama hasil penjualan toko pancing sobat.

Kolam Pemancingan

Membuka kolam pemancingan juga merupakan opsi bisnis yang bisa meraup cuan dari hobi memancing. Kolam pemancingan biasanya dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kolam galatama, kolam kilo angkat dan kolam kilo gebrus. Jika bisa memiliki ketiga kelompok kolam itu, pelanggan yang akan mengunjungi kolam sobat tentu akan lebih banyak karena banyak opsi mancing yang akan dipilih. Kolam pemancingan yang dilengkapi dengan toko alat pancing dan tempat kuliner hasil tangkapan mancing tentu akan lebih menarik bagi angler yang hobi memancing dan juga hobi menikmati kudapan. Nah, karena bisnis ini lebih besar daripada membuka toko alat pancing, sobat tentu harus mempersiapkan dana yang cukup besar karena memerlukan lahan yang cukup luas. Selain untuk lahan, dana yang sobat siapkan juga meliputi pembelian ikan untuk mengisi kolam, makanan ikan dan lain sebagainya.

Sewa Perahu Dan Bagan Pemancingan

Bisnis ini bisa diawali oleh seorang angler yang biasa menyewa perahu untuk memancing di tengah laut (biasa disebut ngapung) di kemudian hari bisa membeli perahu bekas dan bekerja sama dengan pemilik perahu lainnya untuk mendirikan bagan pemancingan di tengah laut. Sewa perahu untuk ngapung bervariasi tergantung jarak spot memancingnya. Biasanya harga ada di kisaran Rp. 200.000,- atau sampai satu juta untuk perahu standar nelayan yang bisa menampung 6-8 anglers. Jika jarak semakin jauh mungkin bisa lebih dari harga tersebut di atas. Untuk bagan bisa disewakan per orang sekitar Rp. 30.000 sampai Rp. 50.000 pulang-pergi. Harga ini sudah termasuk dengan biaya antar dengan perahu menuju ke bagan dan kembali lagi ke daratan. Setiap akhir pekan atau hari libur biasanya akan lebih banyak anglers yang memilih opsi memancing di bagan secara berkelompok dibandingkan dengan hari biasa.

Sewa perahu dan tempat pemancingan juga tidak hanya untuk spot laut. Spot di kolam atau danau seperti di Cirata, Saguling, Jatiluhur bisnis ini sudah berjalan sejak lama. Pemilik kolam ikan membuat resto di atas kolam apung, menyediakan perahu atau bekerja sama dengan pemilik perahu dan menyediakan piranti untuk memancing. Angler bisa menyalurkan hobi mancing, menyantap hasil pancingan sendiri dan pemilik kolam tersenyum lebar karena isi kantungnya bertambah tebal.

Jual Beli Umpan Pancing

Sama seperti jual beli peralatan dan perlengkapan untuk memancing, jual beli umpan pancing pun menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan. Umpan pancing tidak sekedar umpan buatan seperti lures dan pelet, tapi juga berupa umpan hidup. Cacing tanah, cacing laut, jangkrik, kroto, udang hidup, ikan kecil untuk memancing bisa menjadi komoditas untuk meraup cuan. Apalagi jika sobat angler bisa menggabungkan dengan beberapa bisnis lainnya seperti yang sudah disebutkan di atas. Jual umpan sekaligus menjual alat pancing di lokasi kolam pemancingan atau di tempat sewa perahu dan bagan pemancingan. Mantap bukan?

Reseller Jual Toko Alat Pancing Online

Bagi sobat yang punya merchant online tapi modal seret, bisa memanfaatkan merchant tersebut untuk menjual produk alat dan perlengkapan pancing sebagai reseller. Sobat angler harus jeli memilih produk yang kualitas bagus dengan harga lebih murah lalu dipajang kembali di toko online yang sobat punya tentunya dengan selisih harga dari toko asalnya. Selisih harga itu nantinya sebagai keuntungan untuk sobat. Masalah yang timbul biasanya pengiriman yang lama, update stok yang kurang presisi sehingga kadangkala barang yang diorder di toko online sobat ketika sobat beli di toko asalnya sedang kosong. Jadi kecermatan sobat dalam menampilkan stok barang harus benar-benar dijaga agar pelanggan tidak kecewa karena barang yang dibelinya ternyata kosong.

Menjadi Youtuber Atau Blogger Mancing

Menjadi seorang youtuber adalah salah satu impian generasi jaman now. Segala sesuatu atau informasi yang dicari tentang memancing baik berupa spot mancing, cara merakit rangkaian pancing, alat-alat pancing yang direkomendasikan, ulasan mengenai produk alat pancing semuanya bisa didapatkan melalui youtube atau juga blog tentang memancing. Untuk mencapai tujuan sebagai youtuber atau blogger handal dengan subscriber atau pembaca yang bejibun sobat harus menguasai ilmu memancing yang baik tentunya. Tanpa bekal itu apa yang akan sobat sajikan baik di video youtube maupun lewat tulisan di blog akan dianggap sekedar pemanis doang. Sobat juga harus secara konsisten untuk mencari tips dan trik sebagai youtuber dan blogger agar semakin lama menampilkan konten yang berkualitas dan menarik orang untuk melihat video atau tulisan sobat. Jika pelanggan setia yang melihat konten sobat baik di youtube maupun di blog semakin banyak dan proses monetisasi iklan baik di youtube maupun di blogger sudah disetujui oleh google atau penyedia iklan lainnya, artinya cuan akan segera mengalir ke kantong sobat.

Setelah Menggeluti Bisnis Memancing Bagaimana Dengan Hobi Memancing Saya?

Sebuah bisnis biasanya memerlukan totalitas untuk mencapai level puncak. Sebagian orang mungkin bisa nyambi, sambil berbisnis bisa tetap menyalurkan hobi. Tapi percayalah, hasilnya tidak semaksimal dibandingkan dengan orang yang memang niat total untuk menjalankan bisnisnya. Hobi mancing jelas akan menguras pundi-pundi uang di kantong sobat. Sementara satu sisi sobat juga harus optimal dan presisi dalam mengatur uang agar bisnis sobat berjalan dengan lancar.

Jadi setelah total menggeluti bisnis memancing saya harus mengorbankan hobi? Tentu saja tidak! Tentunya jika ingin tetap memancing ya silahkan, tapi mungkin intensitasnya harus dikurangi. Ingat semakin banyak dan sering sobat memancing, maka semakin banyak pengeluaran yang harus sobat alokasikan. Di sinilah titik dimana sobat harus lebih jeli dalam mengorganisir pengeluaran untuk hobi sekaligus optimal dalam menjalankan bisnis. Semua tergantung dari sobat sendiri.


Mancing Yuuk!




Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar