Jadwal Mancing Bulan Oktober 2020

Posting Komentar
Setelah menyimak tulisan sebelumnya tentang teori solunar, fase bulan dan pasang surut air laut, Mancing Yuuk mengajak sobat anglers untuk melihat prediksi jadwal memancing yang diambil dari kalender mancing. Sebagai pengingat, kalender memancing ini dasarnya adalah teori solunar yang dipengaruhi oleh fase bulan dan pasang surut air laut. Ketika bulan berada pada fase bulan baru dan bulan purnama, gravitasi bulan terhadap bumi sangat tinggi dan terjadi pasang purnama di mana permukaan air laut akan berada pada titik tertinggi saat pasang dan titik terendah saat surut. Pengaruh pasang yang tinggi berdasarkan teori solunar akan mempengaruhi pergerakan dan aktivitas ikan sehingga fase saat mendekati sampai dengan masuk bulan baru dan bulan purnama akan selalu diprediksikan sebagai waktu terbaik untuk memancing.

Untuk prediksi jadwal mancing dan kalender mancing bulan Oktober 2020, silahkan sobat anglers simak rangkumannya pada gambar di bawah ini.

jadwal mancing oktober 2020, kalender mancing oktober 2020, almanak mancing oktober 2020, prediksi mancing oktober 2020

Keterangan dari gambar jadwal mancing atau kalender mancing Oktober 2020

  • Gambar bulan adalah fase bulan per masing-masing hari atau tanggal.
  • Daily Rate adalah prediksi pergerakan dan aktivitas ikan yang terpengaruh oleh posisi bulan dan kondisi pasang-surut air laut.
  • Nilai A-E dikelompokkan dari persentase "Daily Rate" dari yang predilsi paling rendah atau terburuk (E) sampai yang terbaik (A).
  • Kotak warna biru adalah semua yang memiliki Daily Rate dengan nilai A (prediksi terbaik berdasarkan posisi atau fase bulan).
  • Tanggal warna merah adalah hari Minggu dan Libur secara nasional di Indonesia.
Tidak semua angler bisa memancing setiap hari karena rutinitas pekerjaan. Banyak di antara sobat angler yang hanya memiliki waktu memancing di akhir pekan atau ketika ada libur. Di sinilah fungsi dari kalender memancing dalam membuat prediksi kapan membuat agenda atau jadwal mancing berdasarkan waktu terbaik selama bulan Oktober 2020. Angler yang hanya memiliki waktu terbatas bisa merencanakan jadwal memancing mengikuti kalender memancing dengan harapan hasilnya dapat maksimal. 

Berbeda dengan angler yang setiap hari selalu stand by dan ready untuk memancing, tidak melihat kalender memancing pun tidak masalah karena mereka punya waktu yang banyak untuk memancing di hari apapun dan di waktu manapun. Jika masing-masing anglers yang punya waktu tidak terbatas dalam memancing ini selalu mencatat setiap hasil yang diperoleh, mungkin akan di dapat suatu kesimpulan, fase-fase mana saja yang hasilnya maksimal dan yang hasilnya tidak bagus. Ataukah hasilnya akan menjadi acak alias tidak terpengaruh fase bulan dan kalender memancing? Kita tidak pernah tahu.

Nah, bagi sobat anglers yang juga ingin mengetahui detil masing-masing per hari prediksi jadwal memancing dari kalender mancing bulan oktober 2020, Mancing Yuuk menyiapkan 3 gambar di bawah. Tujuannya adalah bagi sobat anglers yang hanya memiliki waktu memancing terbatas alias tidak bisa full memancing seharian, bisa melihat prediksinya dari waktu mayor (Major Time) dan waktu minor (Minor Time). Waktu mayor adalah prediksi kapan kemungkinan ikan akan memakan atau mencari mangsa, sedangkan untuk waktu minor adalah prediksi saat ikan kurang begitu bergerak dalam mencari makan.

prediksi mancing oktober 2020, kalender mancing oktober 2020, tanggalan mancing oktober 2020
Prediksi Jadwal Mancing Bulan Oktober 2020 (Tanggal 1 Oktober - 10 Oktober, 2020)

prediksi mancing oktober 2020, kalender mancing oktober 2020, tanggalan mancing oktober 2020
Prediksi Jadwal Mancing Bulan Oktober 2020 (Tanggal 11 Oktober - 20 Oktober, 2020)

prediksi mancing oktober 2020, kalender mancing oktober 2020, tanggalan mancing oktober 2020
Prediksi Jadwal Mancing Bulan Oktober 2020 (Tanggal 21 Oktober - 31 Oktober, 2020)

Keterangan dari tiga gambar di atas sebagai berikut.
  • Tanggal dan Hari - Tanggal dan hari selama bulan Oktober 2020
  • Daily Rate - Persentase pergerakan dan aktivitas ikan dalam mencari makan selama bulan Oktober 2020
  • Fase Bulan - Posisi bulan terhadap bumi dan matahari yang terlihat oleh mata manusia yang ada di bumi
  • Major Time - Prediksi periode waktu (jam mana saja) ikan banyak melakukan aktivitas tertinggi dalam mencari makan
  • Minor Time - Prediksi periode waktu (jam mana saja) ikan sedikit melakukan aktivitas dalam mencari makan
  • Prediksi - Perkiraan hasil mancing berdasarkan persentase daily rate
  • Prediksi, jadwal atau kalender memancing dibuat dari wilayah Jakarta dan sekitarnya, jadi untuk daerah lain kemungkinan waktu major time / minor time akan berbeda karena waktu pasang-surut masing-masing daerah tentunya akan berbeda
Yang perlu dicatat dan dipahami sobat anglers dari membaca tabel kalender memancing
  1. Semua yang tercatat adalah PREDIKSI tidak dijamin 100% hasilnya akurat karena banyak faktor yang berpengaruh seperti kondisi air, cuaca, keberadaan ikan di spot dan faktor lainnya
  2. Baca dan amati secara benar dan cocokkan dengan kondisi (terutama) fase bulan real yang ada di daerah anda. Apakah cocok atau ternyata fasenya berbeda.
  3. Mancing Yuuk membuat semua prediksi yang ditampilkan di kalender memancing periode Oktober 2020 berdasarkan program (software) andorid bernama Fishing Time Forecast (Premium/Berbayar)
Terakhir untuk melengkapi prediksi jadwal dan kalender mancing bulan Oktober 2020, Mancing Yuuk kembali membagikan tips dari teori solunar tentang waktu-waktu terbaik memancing sebagai berikut.
  • Sekitar satu jam sebelum dan satu jam setelah air pasang, dan satu jam sebelum dan satu jam setelah air surut. 
  • Selama "pagi terbit" (setelah matahari terbit sebentar) dan tepat sebelum matahari terbenam dan sekitar satu jam setelahnya.
  • Selama terbit dan terbenamnya bulan.
  • Saat barometer (tekanan dalam air) stabil atau sedang naik. 
  • Ketika angin bertiup dari bagian barat, bukan dari utara atau timur.
  • Saat air diam atau sedikit beriak, bukan saat ada angin yang bertiup dengan kencang.


Mancing Yuuk!



Related Posts

Posting Komentar