Jenis Senar Pancing & Cara Memilih Senar Pancing Terbaik

Senar pancing atau tali pancing yang juga populer disebut dengan kenur pancing adalah piranti utama dalam peralatan mancing. Fungsi senar pancing adalah untuk mengikat kail. Senar pancing ada yang langsung dihubungkan pada ujung joran (tipe joran tegek atau joran menggunakan bilah bambu) atau di ikat dalam spul reel / gulungan pancing. Berbagai jenis senar pancing dari berbagai bahan yang berbeda tersedia di pasaran baik toko-toko pancing tradisional maupun merchant online. Nah, bagi sobat anglers pemula yang masih mencari informasi mengenai jenis-jenis tali pancing, silahkan simak agar pada saat membeli senar pancing nanti tidak bingung dan mendapatkan senar pancing terbaik sesuai dengan peruntukannya.

Senar Pancing Monofilamen

Disebut sebagai monofilamen karena hanya terdiri dari satu lilitan senar saja. Jadi hanya satu untai senar dan biasanya paling umum dibuat dari bahan nylon atau fluorocarbon. Senar bahan nylon adalah senar yang paling populer dan paling banyak digunakan. Mulai dari memancing sederhana sampai dengan profesional, senar nilon digunakan oleh para anglers. Sementara senar fluorocarbon didesain untuk lebih terlihat samar di dalam air karena memiliki indeks bias yang tinggi sehingga keberadaannya nyaris tidak terdeteksi atau terlihat di dalam air. Senar fluorcarbon biasanya dipakai sebagai senar leader di suatu rangkaian pancing. Senar leader adalah senar yang berada di ujung rangkaian pancing. Satu rangkaian pancing (fishing rig) biasanya terdiri dari timah pemberat, kili-kili dan peniti, kail yang semuanya dihubungkan dengan senar fluorocarbon sebagi senar leader.

Cara Membaca Informasi Senar Monofilamen Dari Box Kemasan

Setelah mengenal senar monofilamen sobat angler juga harus bisa membaca infomasi senar tipe monofilamen melalui tulisan yang ada di kemasan atau deskripsi yang dicantumkan oleh penjual online. Biasanya informasi yang dimuat adalah produsen, nama dagang, panjang senar dalam satu gulungan, diameter senar, serta kekuatan senar (setelah tes yang dilakukan oleh masing-masing produsen senar).




Gambar A dan B adalah contoh senar monofilamen dari bahan nylon yang dijual secara online. Gambar A produk dari Yakuza dengan merek dagang Sinori Tournamet. Satu roll (gulung) senar nylon yang dijual panjangnya adalah 150 YDS (yards) atau sama dengan 137 meter (1 yard = 0.9144 meter). Diameter senar adalah 0.18 mm dan kekuatan hasil tes senar adalah 15 lbs (baca: pounds) atau sekitar 6.81 kg (1lb = 0,453592 kg). Artinya berdasarkan hasil tes senar tersebut bisa menahan beban sampai maksimal 6.81kg. Di atas beban tersebut itu senar akan putus. Sementara Gambar B dikeluarkan oleh produsen Pioneer dengan merek dagang Tenkara Tournament. Di kemasan yang ditampilkan tidak dicantumkan berapa panjang satu roll tersebut. Mungkin sobat anglers bisa tanyakan ke penjualnya langsung melalui menu chat atau lihat di deskripsinya. Diameter senar adalah 0.45mm dengan kekuatan test 30lbs atau sekitar 28kg.

Gambar C dan D adalah contoh senar monofilamen dari bahan fluorocarbon yang dijual secara online. Gambar C adalah produk fluorocarbon dari Relix Nusantara yang mengusung merek dagang Perfect FC. Satu roll yang dijual panjangnya 50 meter dengan diameter 0.6mm dan hasil kekuatan tes 44.5lbs atau sekitar 20.20kg. Sementara Gambar D adalah senar fluorocarbon yang dikeluarkan oleh produsen Maguro dengan merek dagang Maguro Shockleader dijual dengan panjang 50 meter, diameter senar 0.35 mm dan kekuatan test yang dihasilkan 15lbs atau sekitar 6.8kg.

Kelebihan Dan Kelemahan Senar Pancing Monofilamen

Tipe senar dari bahan yang berbeda akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 
Kelebihan senar pancing monofilamen adalah sebagai berikut:
  • Senar paling populer dan banyak digunakan oleh anglers dari semua kalangan
  • Tersedia dalam berbagai macam kekuatan serta variasi warna. 
  • Dari segi harga, monfilamen lebih murah dari pada jenis multifilamen. 
  • Dengan posisi melintang secara seragam, monofilamen terjaga agar lebih tetap rapi di spul reel, menghindari potensi cepat kusut (backless)
  • Monofilamen juga mudah untuk membuat simpul/ikatan atau knot pada saat membuat rangkaian pancing.
  • Monofilamen hadir dalam beberapa warna, warna putih/cerah/bening dan biru sangat populer karena karakter dari warna ini bisa menghilang di bawah air dan sangat sulit dilihat ikan.
  • Untuk bahan fluoro memiliki tingkat samar yang lebih tinggi dan juga kekuatan melawan abrasi (gesekan) yang jauh lebih kuat.
Sedangkan kekurangan senar monofilamen di antaranya sebagai berikut:
  • Kekuatannya tidak sekuat multifilamen karena hanya terdiri dari satu helai senar. Contohnya senar mono dan senar multi memiliki diameter yang sama 0.18mm, maka senar multi akan memiliki kekuatan menahan beban yang lebih dibanding senar mono.
  • Jika dibandingkan dengan ukuran diameter yang sama dengan mulitfilamen, monofilamen akan membutuhkan lebih banyak ruang pada spul reel dibandingkan dengan multifilamen. Misalnya antara senar mono dan multi sama-sama diamternya 0.28mm, maka jika digulung di dalam spul reel, senar multi akan lebih banyak tertampung.
  • Sensitifitas terhadap tarikan kurang kuat. Kecuali bahan fluorocarbon, senar monofilamen biasanya punya daya ulur. Ketika ditarik akan ada sensasi elastis biasanya memiliki daya ulur sekitar 5%. Misalnya panjang senar adalah 100meter maka ketika ada tarikan maksimal senar bisa memanjang sampai menjadi 105 meter.
  • Bahan monofilamen yang berupa nylon juga akan rusak seiring berjalannya waktu saat terkena sinar matahari.
  • Lebih boros alias lebih menguras isi dompet. Dibutuhkan waktu berkala untuk mengganti semua senar di dalam spul reel agar senar tetap fresh dan masih mumpuni untuk digunakan.

Senar Multifilamen / Braided Fishing Line (Senar PE)

Tipe senar populer berikutnya adalah senar multi filamen atau braided fishing line. Senar multifilamen adalah senar kepang yang dibuat lebih dari satu lilitan senar ini dikenal di Indonesia sebagai senar PE. Semakin banyak lilitan yang ada pada senar maka kekuatan senar akan lebih kuat dan semakin baik kualitas material bahan yang digunakan untuk membuat senar PE maka kualitasnya akan semakin bagus dan tentu saja harganya akan semakin mahal.

Cara Membaca Informasi Senar PE Dari Box Kemasan

Sama seperti pada senar pancing tipe monofilamen, memilih senar PE terbaik dan terkuat juga diperlukan pengetahuan dasar agar saat sobat angler membeli senar tersebut baik secara langsung datang ke toko pancing maupun beli secara online akan sesuai dengan peruntukannya. 

senar pancing terkuat, senar pancing terbaik, senar pancing PE terbaik, tali pancing terkuat, cara memilih senar pancing terbaik

Dua gambar di atas adalah contoh produk senar PE yang dijual online. Gambar A adalah produk dari Proberos dengan nama dagang Premier Pro Series dengan keterangan PE 4 Braided Line Braid. Ini artinya senar PE tersebut dibuat dari 4 lintingan senar. Panjang senar yang dijual dalam satu roll adalah 100 meter. Sayangnya informasi diameter dan kekuatan test di blur. Sobat angler mungkin bisa menemukan informasi diameter dan kekuatan test senar PE tersebut di deskripsi atau variasi produk yang akan dibeli. 

Gambar B adalah produk dari Exori yang mengusung nama dagang Cardinal X8. Dari informasi tersebut bisa dipastikan bahwa senar PE ini terdiri dari 8 lintingan senar dengan diameter senar yang dijual adalah 0.10 mm dan kekuatan test 8lbs (3.6kg). Dan senar yang dijual memiliki panjang 150 meter dalam satu roll.

Kelebihan Dan Kelemahan Senar Pancing Multifilamen (PE)

Kelebihan senar pancing multifilamen atau senar PE adalah sebagai berikut:
  • Lebih kuat karena terdiri dari beberapa linting senar yang digabungkan menjadi satu
  • Lebih sensitif karena tidak memiliki daya ulur (mulur), sehingga sambaran ikan akan lebih terasa ke joran.
  • Dengan diameter yang sama dengan senar nylon bisa menampung lebih banyak senar di spul reel.
  • Lebih awet dan tidak cepat rusak jika dibandingkan dengan senar nylon.
Sedangkan kekurangan senar multifilamen di antaranya sebagai berikut:
  • Lebih terlihat di dalam air sehingga wajib menggunakan senar leader dengan bahan yang lebih samar (fluorocarbon).
  • Terlalu ringan sehingga tidak cocok jika digunakan ketika cuaca sedang berangin atau arus air sedang kencang.
  • Mudah kusut jika tidak berhati-hati ketika menggulung ke dalam spul reel.
  • Harga relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan senar dari bahan nylon.

Tips Memilih Senar Pancing Terbaik & Terkuat

Memilih senar pancing terbaik dan terkuat akan terlihat susah dan relatif tergantung dari masing-masing angler yang pernah mencobanya. Tentunya, tidak semua angler selama memancing bisa mencoba satu persatu merek senar pancing nylon, fluro atau senar PE untuk membuktikan kekuatannya, bukan?  Hal pertama dan terpenting dalam memilih senar pancing adalah kualitas dari bahan senar tersebut yang masing-masing senar mempunyai ciri khas tertentu. Semakin bagus kualitas senar yang sobat angler pakai, sudah pasti semakin mahal harganya.

Senar pancing yang baik sudah pasti dibuat dari bahan baku yang berkualitas, dengan dukungan mesin dan quality control yang seksama, terutama dalam memperhatikan faktor diameter, kekuatan (strength), kekuatan ikat senar (knot strength), perpanjangan senar pada saat ditarik (elongation), daya lentur (flexibility), dan ketahanan gesek (abrasion resistance). Salah satu cara membandingkan kekuatan senar pancing misalnya dengan melihat ukuran (diameter senar). Semakin kecil diameter tapi kekuatan test yang dihasilkan lebih kuat daripada yang berdiameter besar, menandakan senar tersebut lebih kuat.

Cara memilih senar pancing terkuat adalah berdasarkan peruntukannya alias target ikan apa yang akan dipancing. Itu akan menjadi cara yang paling simple untuk memilih senar pancing terbaik dan terkuat. Misalnya sobat angler akan memancing ikan kecil di pinggiran dermaga atau pelabuhan targetnya adalah ikan ketang-ketang (kiper), maka sobat tidak perlu menggunakan senar dengan diameter yang besar. Cukup dengan senar berukuran kecil misalnya 0.18mm, tanpa menggunakan leader fluoro dengan merek apapun maka ikan itu kemungkinan besar akan mudah didapatkan. Tetapi jika sobat ingin memancing target ikan besar seperti baramundi (kakap putih) tentu saya memilih menggunakan leader misalnya berukuran 0,5mm (sekitar 40/50lbs) dan menggunakan senar nylon dengan ukuran 0.45mm untuk kekuatan sekitar (25-30lbs). Untuk memancing target ikan yang lebih besar lagi misalnya tengiri, kerapu monster akan beda lagi karena saya tidak memakain leader fluoro tapi menggunakan neklin (slink) sebagai leader dan senar PE berukuran besar. 

Salah satu tips untuk melihat kualitas senar PE adalah dengan cara memelintir senar tersebut. Senar PE yang bagus ketika di pelintir komposisi lintingannya terlihat tetap kokoh. Sementara senar PE yang kurang bagus ketika dipelintir akan terlihat masing-masing lintingannya terlihat renggang dan rapuh. Ini akan berpengaruh ketika senar mengalami abrasi (gesekan dengan benda-benda yang ada di dasar perairan seperti rumpon, karang, besi dan lainnya.

Sekali lagi intinya adalah ikan target apa yang akan anda pancing sangat menentukan dalam memilih senar pancing terbaik dan terkuat. Masalah merek, sobat anglers nanti akan bisa mencobanya secara random terlebih dahulu atau berdasarkan rekomendasi teman yang sudah menggunakan merek tersebut. Masing-masing produsen meskipun sama-sama memproduksi senar dengan tipe yang sama baik nylon, fluoro maupun braided (PE) tapi kualitas material bahan yang digunakan untuk produksi tentu beda antara satu produsen dengan produsen lainnya. Semakin bagus material bahan yang digunakan maka kekuatannya tentu semakin baik dan tentunya harganya juga semakin mahal. 

Jadi, budget dalam kantong sobat anglers juga mau tidak mau ikut menentukan jenis senar apa yang akan dibeli dan merek senar terbaik dan terkuat apa yang nantinya akan sobat pakai untuk memancing.

Mancing Yuuk!

Related Posts

Posting Komentar