Cara Membuat Simpul Pancing Terkuat

Simpul pancing atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai fishing knot adalah teknik dasar dalam memancing yang harus dikuasai oleh seorang angler. Membuat ikatan yang baik dan kuat pada rangkaian pancing atau ikatan pada kail dan kili-kili sangat diperlukan agar menghasilkan simpul pancing yang kuat, kokoh dan terlihat rapi. Untuk target jenis-jenis ikan berukuran kecil di sungai seperti betok, sepat, lundu, wader, ikatan atau simpul mungkin bisa sembarang. Tapi ketika ikan target beralih ke kelompok ikan yang berukuran besar, sobat harus menggunakan ikatan dan simpul yang kuat karena tarikan ikan yang kuat bisa melepaskan simpul jika dibuat dengan asal-asalan.

Jenis Simpul Pancing

Terdapat begitu banyak variasi simpul pancing yang bisa digunakan oleh anglers. Dari satu jenis simpul dikembangkan lagi ke bentuk-bentuk turunannya sehingga memudahkan sobat untuk memilih jenis simpul terbaik dan terkuat. Tentunya jenis simpul yang simpel serta mudah dilakukan akan menjadi jenis simpul populer di kalangan para pemancing. 

Di ulasan ini, jenis-jenis simpul pancing akan di kelompokkan menjadi jenis simpul pancing pada kail dan jenis simpul pancing pada kili-kili atau swivel serta simpul untuk mengikat tali pancing ke dalam spul reel. Ketiga alat mancing tersebut (kail, kili-kili dan reel) memang akan langsung berhubungan dengan rangkaian pancing di mana pada saat menghubungkan dengan tali pancing utama maupun leader dibutuhkan sebuah ikatan atau simpul yang kuat sehingga tidak mudah diputuskan oleh tarikan ikan.

Simpul Pancing Terkuat Untuk Mengikat Kail

Tiga gambar di bawah ini bisa sobat pelajari untuk membuat simpul pancing yang kuat untuk mengikat kail pancing.

cara membuat simpul pancing terkuat, cara mengikat mata kail, cara mengikat kail pancing yang benar
Cara Membuat Ikatan Pada Kail Pancing



Simpul Pancing Terkuat Untuk Kail Tanpa Lubang

Lalu, bagaimana cara mengikat kail jika kail tersebut tidak ada mata kailnya atau kail tanpa adanya lubang? Sobat anglers bisa simak caranya melalui gambar di bawah ini

cara membuat simpul pancing terkuat, cara mengikat kail tanpa lubang
Cara Mengikat Kail Pancing Tanpa Lubang



Simpul Pancing Terkuat Untuk Mengikat Kili Kili Pancing

Cara mengikat kili kili atau membuat simpul pada kili kili pancing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengikat kail pancing. Sobat bisa ikuti caranya lewat gambar berikut ini.

cara membuat simpul pancing terkuat, cara benar mengikat kili-kili, cara mengikat kili-kili agar kuat
Cara Mengikat Kili Kili


Simpul Pancing Terkuat Untuk Mengikat Spul Reel

Selanjutnya adalah cara membuat simpul atau ikatan pada spul reel pancing. Bagi sobat angler pemula yang belum tahu cara mengikat tali pancing ke reel bisa menyimak dan menirunya melalui gambar di bawah ini.
cara membuat simpul pancing terkuat, cara mengikat tali ke dalam reel pancing, cara mengikat senar ke dalam reel
Cara Mengikat Tali Pancing Ke Spul Reel



Cara Membuat Rangkaian Pancing Simpul T 

Setelah sobat anglers bisa membuat simpul atau ikatan pada kail, swivel (kili kili) dan pada spul reel, sobat bisa lanjut untuk membuat suatu rangkaian pancing yang paling populer dibuat oleh angler, yaitu membuat rangkaian pancing simpul T (T-Knot Fishing Rig). Dinamakan simpul T karena bentuk akhir simpul yang dibuat menyerupai huruf T. Simak caranya melalui gambar di bawah ini.

cara membuat simpul pancing terkuat, cara membuat rangkaian pancing, cara membuat rangkaian pancing cabang, rangkaian pancing menggunakan dua kail
Cara Membuat Simpul T


Dari gambar di atas, baik gambar A maupun B keduanya adalah cara membuat ikatan atau simpul T. Gambar A adalah versi simpel dan gambar B adalah versi terbaik karena menghasilkan rangkaian yang lebih kokoh dan rapi. Jika sobat bisa mempelajari dan melakukan cara membuat simpul pancing T ini, maka sobat akan bisa terapkan untuk membuat simpul pancing dasaran untuk memancing ikan dasaran, membuat simpul pancing 2 mata kail atau simpul tali pancing bercabang.

Cara Menyambung Senar Pancing Agar Kuat

Tips terakhir terkait cara membuat simpul pancing adalah cara menyambung senar pancing agar hasilnya kuat, tidak mudah terlepas dan tidak mengganggu jalannya senar pancing ketika dilepaskan dari spul pancing. Menyambung senar pancing apalagi dari jenis yang berbeda (misalnya PE dengan nylon atau nylon dengan fluoro) membutuhkan kesabaran dan sedikit lebih sulit jika dibandingkan dengan membuat ikatan atau simpul pancing lainnya. Silahkan simak dua caranya melalui gambar di bawah ini.

cara membuat simpul pancing terkuat, cara menyambung senar pancing, cara menyambung kenur, cara menyambung senar PE
Cara Menyambung Senar Pancing

Demikian ulasan tentang teknik dan cara membuat simpul pancing terkuat yang menjadi salah satu teknik dasar bagi seorang angler pemula. Semoga bermanfaat.

Mancing Yuuk!

Related Posts

Posting Komentar