Mengenal Kail Pancing & Cara Memilih Kail Pancing Terbaik

Mancing Yuuk! Sebagai angler pemula, sobat wajib mengenal kail pancing dan juga cara memilih kail pancing terbaik. Kail pancing, mata kail, mata pancing atau dalam bahasa Inggris disebut sebagai fishing hook merupakan salah satu penemuan fenomenal yang sudah digunakan selama berabad-abad silam. Dari bentuk sederhana menggunakan kayu dan batu, kail pancing kontemporer saat ini tersedia dalam berbagai variasi bentuk dan juga bahan. Kail pancing juga dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digunakan untuk berbagai teknik memancing dan berbagai target ikan yang berbeda.

anatomi kail pancing, bagian-bagian kail pancing, cara memilih kail pancing, kail pancing terkuat, kail pancing anti karat, kail pancing tajam
Bagian-Bagian Kail Pancing

Bahan Pembuat Kail Pancing

Kail pancing modern dibuat dari baja karbon tinggi, baja paduan dengan vanadium, atau baja tahan karat, tergantung pada aplikasinya. Kebanyakan kail pancing terbaik yang memiliki kualitas tinggi ditutupi dengan beberapa bentuk lapisan permukaan yang tahan korosi. Ketahanan korosi diperlukan tidak hanya saat kait digunakan, terutama di air asin, tetapi saat kail tersebut disimpan. Selain itu, bahan pelapis juga diterapkan pada warna untuk memberikan nilai estetika pada pada kail pancing tersebut. 

Jenis-Jenis Kail Pancing 

Berdasarkan jumlah mata, point dan lengkungannya kail pancing dibagi menjadi tipe single hook, double hook, treble (triple) hook dan jenis kail garong. Single hook adalah yang paling umum dipakai oleh angler saat memancing yaitu kail dengan satu mata, satu gagang, satu lengkungan dan satu ujung kail (point). Sementara jenis kail double hook adalah kail dengan satu mata, dua gagang, dua lengkungan dan dua bagian point. Sementara triple atau treble hook hasil modifikasi dari satu single hook tanpa mata yang dipatrikan ke dalam satu double hook. Double dan triple hook biasanya dipakai untuk umpan hard lure (buatan). Sedangkan jenis kail garong memiliki lebih banyak mata kail, lebih dari 3 buah yang dimodifikasi dengan cara dipatri dan biasanya dipakai oleh para pemancing ikan baronang.

single hook, double hook, triple hook, treble hook, jeni-jenis kail pancing, kail garong, anatomi kail pancing, bagian-bagian kail pancing, cara memilih kail pancing, kail pancing terkuat, kail pancing anti karat, kail pancing tajam
Kail Pancing Berdasarkan Jumlah Tangkai & Point



Bentuk Kail Pancing

Ada begitu banyak bentuk kail pancing. Yang populer digunakan adalah tipe J hook, long shank dan circle hook. Dinamakan  J hook karena bentuknya yang menyerupai huruf "J". J hook merupakan tipe kail pancing yang paling umum dan paling banyak digunakan di Indonesia untuk memancing semua jenis ikan. Sementara bentuk kail yang long shank karena gagangnya lebih panjang dari kail biasanya. Bentuk kail long shank biasanya diperuntukkan untuk ikan-ikan predator yang memiliki gigi tajam. Dengan gagang yang sangat panjang diharapkan gigi ikan ketika menggigit umpan tidak langsung mengenai senar leader. Sedangkan kail dengan bentuk circle hook memiliki bentuk yang unik karena seperti membuat lingkaran dengan bagian ujung (point) yang mengarah ke bagian batang (shank). Modifikasi bentuk circle hook memungkinkan kail 98% akan menancap di bagian sudut bibir ikan dan jarang sekali ada kasus circle hook yang tertelan oleh ikan. Itulah sebabnya kail circle hook banyak dipakai oleh angler yang ingin melepaskan kembali ikan ke habitatnya (release) karena ikan tidak mengalami cidera ketika terkena circle hook.

kail pancing j hook, kail pancing long shank, kail pancing circle, anatomi kail pancing, bagian-bagian kail pancing, cara memilih kail pancing, kail pancing terkuat, kail pancing anti karat, kail pancing tajam
Bentuk Kail Pancing Populer



Cara Memilih Kail Pancing Terbaik

Seperti halnya pada saat memilih senar pancing, joran, atau reel pancing, kail pancing terbaik pasti dibuat dari material pilihan, dibuat sangat presisi, ditambahkan material anti karat, tidak mudah patah atau menjadi lurus ketika tersangkut di mulut ikan maupun ketika tersangkut benda di dalam air seperti karang, rumpon atau sampah. Dan tentunya semua kail dengan kriteria yang disebutkan tadi hargnya lebih mahal. Lantas apakah harus mengeluarkan uang mahal untuk mendapatkan kail pancing terbaik dan terkuat? Tentu tidak! Sobat bisa menyesuaikan budget di kantong untuk membeli kail pancing terbaik yang murah dan kuat. Kok, bisa??! Tentu bisa dong, asal mengikuti tips cara memilih kail pancing terbaik berikut ini.

Memilih Kail Pancing Terbaik Berdasarkan Spot Mancing

Spot mancing yang dimaksud adalah air tawar dan air laut. Kail pancing untuk memancing di air laut lebih baik menggunakan bahan karbon atau campuran dengan stainless dengan lapisan antikarat karena air laut mengandung kadar garam yang tinggi sehingga akan mudah menimbulkan karat pada kail pancing. Jika menggunakan kail hanya berbahan stainless atau logam lainnya tanpa antikarat, sobat mancing hanya bisa menggunakannya sekali pakai. Jangan pakai lagi kail yang sudah pernah digunakan untuk memancing di air laut! Kail yang terkena air laut akan mudah korosi akan menurunkan tingkat ketajaman pada bagian point (ujung kail) kecuali jika material yang digunakan adalah material premium dan dilengkapi dengan antikarat.

Memilih Kail Pancing Terbaik Berdasarkan Target Ikan

Semakin besar ikan yang dipancing maka kail yang harus sobat beli harus berukuran besar, terserah merek apa saja. Artinya ukuran kail akan sangat penting ketika sobat akan membelinya dan menyesuaikan denga ikan target yang akan dipancing. Banyak kok yang dijual murah di toko online. Satu pack isi 100pcs kisaran harga Rp. 10.000 - Rp. 15.000. Intinya sesuaikan dengan ukuran ikan. Penulis biasanya menggunakan ukuran-ukuran berikut untuk memancing ikan-ikan target yang ingin penulis pancing.

  • Ikan Kakap Putih / Barramundi besar: Ukuran kail nomor 10-12
  • Ikan Kakap Putih kecil-sedang : Ukuran kail nomor 7-9
  • Ikan Kakap Tompel besar: Ukuran kail 7-9
  • Ikan Kakap Tompel kecil-sedang: Ukuran kail 5-7
  • Ikan Kapi-kapi: Ukuran kail 5-7
  • Ikan Kerong, Ketang-ketang: Ukuran 4-5
  • Ikan Sembilang, Lundu laut, Keropak: Ukuran kail 6-8
  • Ikan kerapu: 7-9
  • Ikan Nila / Mujair: 3-5
  • Ikan Mas: 4-7 
  • Ikan Betok: 3
  • Ikan Sepat: 2-3 (atau yang paling kecil)
  • Ikan Baronang: kail garong dengan umpan lumut

*Catatan: Ukuran tersebut adalah standar yang penulis gunakan, bisa jadi berbeda dengan pemancing lainnya.

Memilih Kail Pancing Terbaik Berdasarkan Teknik Mancing

Untuk teknik mancing casting dan popping, kail yang digunakan adalah double atau triple hook yang nantinya dipasang dibagian tubuh umpan buatan yang berupa hard lure. Sementara untuk softlure menggunakan kail metal jig yang dibagian kepalanya ditambahkan timah pemberat membentuk seperti kepala serangga atau kepala ikan kecil. Untuk teknik dasaran atau teknik pelampung bisa menggunakan jenis kail yang umum seperti J hook atau long shank jika target ikan yang dipakai adalah ikan predator yang memiliki gigi tajam. Sementara untuk memancing santai atau teknik handline bisa menggunakan circle hook. Selain aman digunakan, kail circle akan menyangkut dengan sendirinya tanpa perlu digentak.

Memilih Kail Pancing Terbaik Berdasarkan Jenis Umpan

Umpan pancing terdiri dari umpan hidup, pelet, bagian tubuh hewan mati (udang kupas, cumi, kepiting, kerang), dan umpan tiruan (lures). Kail pancing dengan double dan triple hook seperti yang diuraikan di atas cocok untuk memancing menggunakan umpan tiruan tipe keras (hard lures). Sementara J hook pada dasarnya bisa digunakan untuk semua jenis umpan baik umpan hidup, pelet atau umpan dari bagian tubuh hewan mati. Umpan cacing bisa menggunakan tipe J hook dengan tambahan duri (barb) di pinggir tangkai pancing untuk mencegah umpan agar tidak mudah lepas. Sedangkan kail tipe circle hook bisa juga diterapkan untuk semua jenis umpan sama seperti dengan J hook.

Cara Membaca Ukuran Kail Pancing

Membeli kail pancing secara online membutuhkan kejelian dalam melihat gambar dan deskripsi serta perbandingan ukuran. Ukuran pancing menyesuaikan nomor kecil sampai besar. Akan tetapi bisa jadi sebaliknya semakin kecil nomornya ukuran pancing akan semakin besar. Tergantung dari produsen pancingnya. Jadi sobat harus benar-benar memperhatikan deskripsi yang dipakai oleh penjual. Jangan ragu untuk bertanya lewat fitur chatting yang disediakan oleh merchant online untuk memastikan ukuran kail yang akan sobat beli sesuai. Dalam arti, tidak terlalu besar atau juga tidak terlalu kecil.

cara memilih ukuran kail pancing, kail pancing tajam, kail pancing kuat, kail pancing murah tapi bagus
Contoh Ukuran Kail Pancing


Demikian ulasan mengeni kail pancing serta tips cara memilih kail pancing terbaik baik berdasarkan spot mancing, berdasarkan ikan target, berdasarkan teknik mancing maupun berdasarkan jenis umpan. Semoga bermanfaat untuk sobat angler semua.

Mancing Yuuk!





Related Posts

Posting Komentar