Spot Mancing Dermaga Polairud Pondok Dayung Pelabuhan Tanjung Priok

Mancing Yuuk! di spot mancing dermaga Polairud Pondok Dayung Pelabuhan Tanjung Priok. Mencari spot mancing laut yang gratis di Jakarta itu susah ya, gaes! Daerah muara di Jakarta kebanyakan merupakan aliran sungai yang kotor karena air keruh bercampur limbah dan sampah. Belum lagi sungainya yang mengalami pendangkalan. Kalaupun ada ikan, mungkin jenis ikan sapu-sapu yang tahan dan memiliki toleransi yang tinggi terhadap polutan yang ada di air. Tidak banyak pilihan bagi angler untuk mencari spot mancing laut di Jakarta selain harus mancing ngapung ke tengah laut, blusukan ke muara di sekitar Jakarta seperti daerah Bekasi atau Tangerang. Atau sobat angler juga bisa mendatangi spot mancing sekitar Ancol, Muara Baru sampai dengan spot mancing di Dam Tanjung Priok. 

spot mancing laut, spot mancing jakarta utara, spot mancing di dalam pelabuhan, spot mancing tanjung priok, tempat mancing di jakarta utara


Bolehkah Memancing Di Pelabuhan Tanjung Priok?

Lalu bagaimana dengan memancing di sekitar area pelabuhan Tanjung Priok? Bolehkah kita memancing di dalam Pelabuhan Tanjung Priok? Adakah spot mancing di dalam pelabuhan Tanjung Priok? Bagaimana cara masuk ke pelabuhan Tanjung Priok untuk memancing? Jika sobat angler bergabung dengan komunitas memancing misalnya di facebook (seperti Komaju alias Komunitas Mancing Jakarta Utara, misalnya) pertanyaan-pertanyaan itu bisa segera sobat dapatkan karena tidak sedikit anglers yang sharing spot mancing di area pelabuhan Tanjung Priok. Sobat juga bisa bertanya kepada angler lain tentang spot mancing laut di sekitar Jakarta Utara dan Tanjung Priok.

Tentang Spot Mancing Dermaga Polairud Pondok Dayung Tanjung Priok

Berawal diajak teman pada tahun 2017 lalu, sampai sekarang spot mancing di Dermaga Polairud Pondok Dayung merupakan spot yang masih rutin  saya kunjungi setiap akhir pekan. Kenapa spot mancing Dermaga Polairud ini menjadi spot mancing laut favorit saya? Alasan saya simpel. Spotnya gratis, lokasinya dekat dari rumah hanya sekitar 15 menitan menggunakan sepeda motor. Alasan berikutnya, penjual udang juga dekat serta fasilitas penunjang  di sekitar spot seperti parkir, kantin juga ada.

Kok, namanya Dermaga Polairud? Iya dermaga itu "milik" polisi air yang berkantor di seberang. Di sebelahnya ada markas Kopaska dan juga Pangkalan Utama III TNI Angkatan Laut. Meskipun TNI AL memiliki dermaga sendiri namun tidak jarang menggunakan Dermaga Polairud sebagai tempat menunggu kapal. Jadi yang mesti sobat anglers HARUS INGAT BETUL adalah Dermaga Polairud merupakan lalu lintas penyebrangan kapal baik milik polisi, tentara ataupun masyarakat yang menggunakan fasilitas perahu boat (orang menyebutnya pompom / pongpong) untuk mengantarkan ke kapal-kapal yang bersandar di sekitar pelabuhan Tanjung Priok.  

Jadi, spot mancing ini bukan spot mancing liar bebas karena sobat tidak bisa memancing di hari biasa. Hanya hari libur nasional, hari Sabtu dan Minggu. Itupun kalau sedang ada acara di kantor polisi atau di pangkalan TNI dan Kopaska, kita tetap dilarang memancing karena akan mengganggu lalu lintas penyebrangan. Sebelum lanjut ke ulasan berikutnya tentang spot mancing Dermaga Polairud Pondok Dayung, sobat anglers harus paham dulu bahwa spot ini bukan tempat mancing! Anglers diijinkan mancing di sini oleh polisi atau tentara selama tidak mengganggu kegiatan penyebrangan di Dermaga.

Cari Penjual Udang Hidup Di Sekitar Pelabuhan Priok

Nah, sebelum sobat menuju spot mancing di Dermaga Polairud Pondok Dayung Tanjung Priok Jakarta Utara, sobat harus memastikan sudah membawa umpan, karena di dalam pelabuhan tidak ada yang jual umpan untuk mancing. Umpan populer untuk memancing di spot laut adalah udang hidup maupun udang kupas. Jika sobat mencari penjual udang hidup di sekitar Pelabuhan Tanjung Priok berikut beberapa lokasinya

  • Penjual Udang Pocis - Menjual udang hidup dan udang mati jenis udang api; lokasinya dekat dengan Rumah Sakit Daerah Koja, sobat bisa search di map atau tanyakan ke warga sekitar.
  • Penjual Udang Di Pos Polisi Kresek - Menjual udang hidup jenis udang putih (Panami / Vaname); lokasinya di belakang Kantor Polisi Kresek (tempat menyebrang ke Dam Muara Baru / Dam Tanjung Priok).
  • Bapak Samsuri di Lagoa - Menjual udang hidup jenis udang putih (Panami/Vaname); lokasinya persis di seberang Kantor Polisi Kresek masuk ke jalan kecil ke arah Lagoa. Silahkan kontak nomor WA berikut: 0815-1429-7119
  • Ruben Mboy - Menjual udang hidup jenis udang putih (Panami/Vaname); lokasinya sama seberang kantor polisi, sebelum lapaknya Bapak Samsuri.
Atau jika sobat berangkat dari arah Bekasi bisa membeli udang putih hidup di daerah Banjir Kanal Timur Marunda. Sementara jika dari arah Ancol bisa membelinya di sekitar PLTU Ancol.

Dimana Lokasi Spot Mancing Dermaga Polairud Pelabuhan Tanjung Priok?

Jika sobat anglers baru pertama kali ke masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok, silahkan akses melalui google maps dengan destinasi akhir adalah Pondok Dayung. Pintu masuk yang biasa saya akses adalah Pintu atau Pos 8 dan Pintu atau Pos 9. Namun akhir-akhir ini Pintu Pos 9 belum bisa diakses dengan menggunakan sepeda motor karena masih dalam tahap renovasi. Pos 9 hanya bisa diakses jika sobat menggunakan mobil dan membayar dengan uang masuk sebesar 5.000 Rupiah atau menggunakan e-money/e-toll. Pos 8 sekarang menjadi akses khusus sepeda motor dan sobat bisa membayarnya dengan uang cash 3.000 Rupiah atau juga bisa menggunakan e-money / e-toll yang ditempel di pintu masuk.

peta lokasi spot mancing pondok dayung, spot mancing dermaga polairud, spot mancing dekat pangkalan TNI AL
Spot Mancing Dermaga Penyebrangan Pondok Dayung (Google Map)
 

Untuk sampai ke spot mancing Dermaga Polairud Pondok Dayung Pelabuhan Tanjung Priok, sobat ikuti sesuai dengan google map atau bisa tanyakan ke petugas yang jada di gerbang masuk. Cukup mudah untuk sampai di lokasi. Perkiraan waktu dari gerbang Pos 8 atau Pos 9 hanya memerlukan waktu 5-7 menit menggunakan sepeda motor. Sementara untuk tempat masuk dari Pos lainnya penulis belum pernah. Jadi, hanya tahu dari Pos 8 dan Pos 9 saja.

Bagaimana Kondisi Spot Mancing Dermaga Polairud Pelabuhan Tanjung Priok?

Gambaran spot mancing Dermaga Polairud Pelabuhan Tanjung Priok adalah pinggiran laut yang mengalami reklamasi dan dimodifikasi sedemikian sehingga kantor Polairud dan Kopaska ada di seberang (lihat gambar paling atas). Sementara spot mancingnya sendiri sebenarnya adalah tepi laut tapi seperti kanal atau sungai besar yang mengarah ke laut. Spot mancing ini sangat dekat dengan spot mancing dok atau DKB dan juga dekat dengan spot mancing PLTU Ancol serta spot mancing dam Tanjung Priok (baik dam merah maupun dam hijau) yang akan penulis bahas pada tulisan-tulisan selanjutnya.

Tempat parkir tersedia karena nebeng dengan parkir untuk kendaraan polisi, atau tentara. Tapi jangan sekali-kali parkir di tempat yang ada tanda untuk mobil polisinya, karena tempat parkir khusus untuk mobil milik komandan polisi. Warung juga tersedia karena ada kantin yang disediakan untuk polisi, tentara atau pekerja di Dok Kodja Bahari (DKB). Jadi fasilitas penunjang di spot mancing Dermaga Polairud Pelabuhan Tanjung Priok ini cukup komplit dan serba ada.

Ikan Target Spot Mancing Dermaga Polairud Pondok Dayung Pelabuhan Tanjung Priok

Cukup banyak ikan yang ditargetkan oleh anglers yang memancing di spot Dermaga Polairud. Di antaranya adalah ikan kakap putih (barramundi), ikan kakap tompel (tanda-tanda atau jenaha), ikan kerapu, ikan kuwe, ikan kapi-kapi. Beberapa foto di bawah ini adalah ikan-ikan yang pernah diangkat dari spot Dermaga Polairud. Sementara pemancing lain ada juga yang hanya sekedar memancing ikan-ikan kecil seperti ikan kiper (ketang-ketang), ikan kerong atau ada juga kelompok garongers (para pemancing kail garong) dengan target ikan baronang.

ikan target spot mancing dermaga pondok dayung, spot mancing penyebrangan polairud, spot mancing dekat kopaska pelabuhan priok
Ikan Target Spot Mancing Pondok Dayung


Apa Yang Harus Diperhatikan Anglers Saat Memancing Di Spot Dermaga Polairud Pondok Dayung

Terakhir, penulis kembali mengingatkan kepada semua anglers yang hendak mancing di spot Dermaga Polairud Pondok Dayung beberapa poin penting agar sobat bisa memancing di spot ini tanpa ada kendala apapun.

  • Ingat kembali bahwa Dermaga Polairud Pondok Dayung sebenarnya bukan tempat mancing, melainkan tempat penyebrangan. Dilarang memancing pada hari kerja, jika sobat nekat, resiko ditanggung sendiri ketika diusir oleh petugas atau bahkan peralatan pancing sobat dirampas / dirusak.
  • Lalu lalang kapal akan sangat sering terjadi ketika sobat mancing. Camkan kembali, bahwa sobat sedang mengganggu lalu lintas kapal tersebut. Jadi, ketika kapal sedang merapat dermaga, sobat harus segera mengamankan joran agar tidak menyangkut di baling-baling kapal.
  • Jika ada kegiatan bongkar muat atau sedang ada kegiatan lainnya yang menyebabkan kapal polisi lebih sering bolak-balik ke arah dermaga. Hentikan kegiatan mancing. Tunggu sampai acara selesai. Jika tidak, siap-siap untuk diusir petugas.
  • Jaga sikap, karena tidak semua polisi atau tentara suka dengan kegiatan mancing. Beberapa di antaranya ada yang melarang kita memancing di situ meskipun sedang libur. Jika ada yang melarang, sobat harus mengalah dan menyingkir sejenak agar peralatan sobat aman. Baru ketika situasi aman dan tidak ada kesibukan di dermaga, sobat bisa melanjutkan kembali kegiatan memancing.
  • Jangan datang berkelompok apalagi dalam jumlah yang besar karena spot sangat sempit. Jika sobat datang dalam jumlah besar, dipastikan akan diusir petugas, karena akan mengganggu aktivitas di dermaga.
  • Jangan buang sampah sembarangan! Terutama bekas udang kupas karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Poin ini sering dilanggar oleh angler terutama yang mancing malam sehingga mengotori dermaga. Hati-hati karena sampah ini, polisi tidak akan segan untuk menegur sobat atau bahkan melarang jika dermaga terlihat kotor karena sampah yang ditinggalkan oleh angler.

Sudah lengkap kan ulasan mengenai spot mancing Dermaga Polairud Pondok Dayung Tanjung Priok ini? Sekali lagi spot ini boleh untuk dipancingi tapi tidak sembarangan dan sebebas seperti spot liar lainnya. Mari dijaga bersama-sama dengan mengikuti informasi seperti yang sudah diuraikan di atas agar spot ini bisa tetap dipancing tanpa diusir petugas. Jika sobat masih ada pertanyaan lainnya mengenai spot mancing Dermaga Polairud, silahkan tinggalkan jejak di komentar.

Mancing Yuuk!



Related Posts

Posting Komentar