Ini Dia Kelebihan Circle Hook Yang Sangat Membantu Angler!

Posting Komentar
Circle hook! Salah satu bentuk kail yang sangat populer di luar negeri tapi kurang terkenal di Indonesia. Padahal, kail circle hook ini memiliki kelebihan yang membantu sobat angler dan tidak dimiliki oleh tipe kail lainnya. Melihat bentuknya yang aneh dan tidak seperti pada umumnya, pasti akan membuat sobat pancing yang baru melihatnya bertanya-tanya. Benarkah kail circle hook yang bentuknya membulat seperti lingkaran dan pada bagian point-nya mengarah ke batang (shank) ini akan menancap di mulut ikan? 

kail circle hook, tips memilih kail circle hook, kelebihan dan kekurangan kail circle hook, cara kerja kail circle hook


Bagaimana Cara Kerja Circle Hook?

Pertanyaan mengenai misteri bentuk circle hook yang "aneh" akan sobat angler dapatkan jawabannya dengan mempelajari bagaimana kail circle ini bekerja. Cara kerja kail circle dengan bentuk tangkai yang dimodifikasi melengkung menyerupai lingkaran menyebabkan kail mudah masuk ke dalam mulut ikan. Ikan akan lebih mudah menggigit kail berumpan dan menelannya, dan saat kail ditarik masuk, kail circle akan dengan aman ditarik keluar dari ikan sampai mencapai mulut. Pada titik ini, bentuk lingkaran dan bagian ujung yang menghadap ke arah tangkai akan tersangkut dibagian pinggir bibir ikan (pojok mulut). Kasus circle hook yang tertelan terlalu dalam sangat jarang bahkan diklaim kesuksesan kail circle untuk tersangkut di sekitar pojok bibir dan mulut ikan mencapai 98%. Sangat fantastis!!

Setelah sobat mengetahui cara kerja kail circle hook, lalu apa manfaat dan kelebihan kail circle dibandingkan dengan kail tipe lainnya (terutama tipe J hook) yang paling sering digunakan? Berikut ulasannya.

Circle Hook Kail Antimocel Dengan Tingkat Hook Up Yang Tinggi

Beberapa penelitian dan pengalaman dari para angler menyebutkan sejak memancing menggunakan kail tipe circle hook tingkat hook up meningkat drastis. Cara kerja kail circle hook yang simpel dan mudah ditelan ikan tetapi ketika ikan mencoba mengeluarkan kail menjadi tersangkut dibibir menjadi alasan utama kenapa tipe kail circle hook ini akan meningkatkan potensi hook up. Saya sudah mencobanya, dari 10 percobaan hanya sekitar dua yang lolos. Itupun karena posisi senar yang masih kendor karena baru masuk ke dalam air.

kail circle hook, kail anti mocel, kelebihan dan kekurangan kail circle hook, cara memilih kail circle hook, tips membeli kail circle hook
Kail Circle Hook Menancap Di Pinggir Mulut Ikan



Tanpa Perlu Gentak Joran, Ikan Akan Tersangkut Di Kail Circle

Kelebihan kail circle hook lainnya adalah sobat mancing tidak perlu bersusah payah untuk menyentak atau menggentak joran pancing. Mungkin terdengar sangat aneh! Bukankah dengan menggentak joran kail akan lebih tertancap di mulut ikan? Nah, di sinilah uniknya tipe kail circle hook. Kail yang sudah terseret ketika ikan menelan umpan, akan coba dikeluarkan ikan dari dalam mulutnya. Dengan sendirinya karena bentuknya yang melingkar dan bagian tajam mengarah ke tangkai kail, kail tersebut akan menyangkut di bibir ikan. Justru ketika joran disentak, kail yang seharusnya dengan sendirinya menancap di pinggir mulut ikan, akan langsung keluar dari dalam mulut ikan. Atau justru tertancap di bagian dalam tubuh ikan (usus). Sejak memakai kail circle 100% hasil tangkapan ikan saya tertancap di pinggir mulut ikan. Sempat ada khawatir ketika strike ikan kerapu berukuran kurang lebih 2kg karena kail circle yang saya pakai berukuran sedikit kecil sementara mulut ikan kerapu berukuran sangat lebar. Biasanya, ketika menggunakan kail J hook sering kali kail tertelan. Tapi kali ini saya tersenyum puas karena kail tertancap sempurna di sudut bibir ikan. Sangat sempurna! 

Kail Cirle Hook Untuk Mancing Santai Tidak Perlu Terlalu Mengamati Joran

Bagi sobat yang memancing santai, menggunakan banyak joran seperti mancing di tepi muara, pinggiran sungai, kolam dan spot mancing lainnya, kail circle sangat bisa diandalkan. Jika beberapa joran strike pada momen yang bersamaan, sobat tidak perlu panik. Syaratnya, posisi senar harus dalam keadaan tegang alias tidak boleh kendor. Tanpa perlu mengamati joran secara serius, sobat akan mendapati ikan yang sudah tersangkut dengan sendirinya di kail circle hook. 

Kail Cirlce Hook Sangat Aman Digunakan Oleh Angler Pemula

Dengan bentuk ujung kail (point) melengkung ke arah tangkai, kail circle hook sangat aman dipakai oleh para pemula terutama untuk mengajarkan memancing pada anak-anak. Bagian point adalah titik tertajam pada kail pancing yang di lengkapi dengan duri (barb).

Sangat Disarankan Untuk Dipakai Pemancing Yang Menggunakan Teknik Handline

Sobat angler ada yang sering memakai teknik handline dalam memancing? Teknik hadline adalah memancing hanya menggunakan kail dan gulungan senar yang biasanya digulung ke botol bekas, atau kayu. Memancing menggunakan teknik handline tidak memakai joran biasanya dilakukan oleh para awak kapal yang ikut membantu angler saat memancing di laut (ngapung) atau para angler yang masuk spot-spot tertentu yang dilarang. Agar tidak terlihat seperti memancing, angler menggunakan teknik handline dengan memasang beberapa gulungan senar dan kail yang berisi umpan dan disebar ke beberapa titik. Angler secara berkala berkeliling untuk melihat masing-masing gulungan apakah ada ikan yang tersangkut kail atau tidak. Kail circle hook adalah kail yang paling cocok dipakai untuk teknik ini karena tidak perlu mengandalkan sentakan joran dan ikan dengan sendirinya akan tersangkut di kail.

Cirle Hook Untuk Pelestarian Ikan Di Habitatnya

Kenapa circle hook di luar negeri khususnya di negara maju seperti Eropa, Amerika Serikat, Australia kail circle merupakan kail yang populer? Jawabannya karena kesadaran para angler untuk melestarikan ikan agar tidak diburu dalam jumlah besar-besaran serta adanya aturan dari pihak berwenang yang hanya membolehkan ikan jenis tertentu dengan ukuran tertentu yang diperbolehkan untuk dikonsumsi. Meskipun mendapatkan ikan dalam jumlah yang sangat banyak, angler di negara maju akan melepaskan lagi ikan tersebut untuk tetap hidup. Kail circle diciptakan salah satunya untuk mereduksi cacat atau luka serius pada ikan karena hampir semuanya menancap di bagian bibir atau mulut ikan. Dengan kondisi ikan yang tidak mengalami luka serius kemungkinan besar ikan akan tetap bisa hidup jika dibandingkan dengan ikan yang menelan kail sampai terlalu dalam, lalu kita ambil kailnya dan melepaskan kembali ikan tersebut.

Cara Membeli & Memilih Kail Circle Terbaik

Sejujurnya agak sedikit susah dalam membeli kail tipe circle hook di Indonesia. Alasannya adalah kurangnya variasi produk. Jika sobat mencari secara online di beberapa merchant, kebanyakan yang muncul adalah produk tertentu seperti Mustad dengan nama dagang "Demon" misalnya. Produk kail circle lainnya tidak banyak dan harganya cukup fantastis! Satu kotak circle hook dari produsen ternama yang hanya berisi 15-20 pcs harganya sama dengan membeli 6-8 pak kail "J-hook" standar. Inilah salah satu kekurangan circle hook. Harga mahal, variasi produk kurang banyak sehingga kail circle hook kurang familiar bagi angler di Indonesia.

Cara membeli kail circle hook yang bisa sobat mancing lakukan adalah memanfaatkan mechant seperti shopee atau lazada untuk berburu kail circle hook dari luar negeri. Biasanya produk dari Tiongkok. Harganya sangat miring dengan jumlah yang cukup banyak bisa saya jadikan contoh apakah produk kail circle hook bekerja dengan efektif. Selain itu, karena di Indonesia masih banyak yang belum familiar sehingga masih jarang penjual alat pancing yang menjual kail circle hook, sobat bisa packing ulang produk kail circle hook dari Tiongkok tersebut dan menjualnya kembali lewat merchant online. Tentunya dengan harga yang jauh lebih murah daripada kail circle hook dari produsen ternama. 

Bagaimana Cara Memasang Umpan Menggunakan Kail Circle Hook?

Dengan bentuk yang agak "aneh" pada bagian ujung kail, bagaimana cara memasang umpan menggunakan kail circle hook yang benar? Silahkan sobat pelajari cara-cara memasang umpan di kail circle hook untuk beberapa variasi umpan melalui gambar di bawah ini.

cara memasang umpan pada kail circle hook, cara memasang umpan udang hidup
Cara Memasang Umpan Pada Kail Circle Hook



Tips Cara Yang Benar Memakai Kail Circle Hook

Dengan cara kerja kail circle hook yang sedikit berbeda dengan kail pada umumnya, sobat mancing harus memodifikasi baik dari pemasangan umpan maupun teknik memancing. Berikut beberapa tips cara yang benar saat sobat memancing menggunakan kail circle hook.
  • Jangan mengubur kail circle hook ke dalam umpan, pasang umpan sehingga ujung dan mata kail circle hook terlihat atau “mengekang” umpan. Tujuannya adalah ketika ikan hendak melepaskan kail dari dalam mulutnya yang masuk bersama dengan umpan, kail akan mudah tersangkut di bagian bibir. Jika kail dipendam dalam umpan, ketika ikan berusaha melepaskan, maka ujung kail tidak akan tersangkut.
  • Jangan menggentak joran! Biarkan ikan mengambil waktu untuk memasukkan umpan ke dalam mulutnya dan kemudian berikan tekanan perlahan pada reel dan gulung seperti biasa. Ketika sobat menggentak joran, ikan akan dengan mudah melepaskan kail atau justru akan tersangkut di dalam usus ikan.
  • Kadang-kadang kail circle hook tetap masuk terlalu dalam (meskipun sangat jarang). Untuk memaksimalkan kelangsungan hidup ikan, cara yang terbaik adalah memotong tali dan melepaskan ikan ini dengan kail yang masih utuh. Jangan berusaha melepaskan kail tersebut dari dalam tubuh ikan karena resiko cidera dan ikan akan mati setelah di rilis akan semakin besar.
  • Rangkaian pancing dengan pelampung juga direkomendasikan untuk menggunakan kail circle hook.
  • Gunakan senar leader yang lebih pendek karena tarikan ikan akan lebih cepat terdeteksi dan kail cirlce bisa menancap presisi di bagian bibir ikan.
  • Menjaga tali pancing agar selalu dalam posisi tegang juga ikut menentukan keberhasilan menggunakan kail circle hook.

Kelemahan Kail Circle Hook

kelebihan kail circle hook seperti diuraikan di atas memang sangat membantu angler. Dengan menearpkan cara pemasangan umpan yang benar pada kail circle hook serta sedikit memodifikaasi teknik mancing untuk memaksimalkan manfaat kail circle hook, tipe kail ini benar-benar mendekati sempurna. Lantas, adakah kelemahan kail circle hook untuk kalangan mancing mania di Indonesia? Tentu saja ada! Jika sobat memancing menyimak semua uraian tentang kail circle hook dari awal sampai akhir, sobat tentunya bisa menyimpulkan sendiri apa kelemahan kair circle hook.
  • Harganya lebih mahal apalagi untuk produk dari pabrik kail ternama.
  • Kurang variasi merek karena kurang populer di Indonesia.
  • Membeli yang harganya miring harus dari luar negeri yang sedikit memakan waktu lebih lama
  • Jika posisi senar kendor atau tipe ikan yang memakan umpan tidak dengan cara menarik senar tapi hanya mengendorkan senar, kemungkinan besar ikan akan lepas.
  • Jika refleks menggentak joran masih terus terbawa ikan akan terlepas atau menancap jauh ke dalam tubuh ikan

Mancing Yuuk!

Referensi Tulisan:
https://www.dpi.nsw.gov.au/fishing/recreational/fishing-skills/catch-and-release/circle-hooks-benefits-and-tips
https://www.fishingworld.com.au/how-to/how-to-use-circle-hooks
https://www.in-fisherman.com/editorial/the-science-of-circle-hooks/154923

Related Posts

Posting Komentar