Spot Mancing Dok Kodja Bahari (DKB) Jakarta Utara

Posting Komentar
Mancing Yuuk di spot mancing Dok Kodja Bahari (DKB) Jakarta Utara!! Jika sobat mancing membaca ulasan sebelumnya mengenai spot mancing di Dermaga Polairud Pondok Dayung Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara, maka lokasi spot mancing Dok Kodja Bahari (DKB) masih satu tempat yang sama. Lebih mudahnya seperti ini. Kanal buatan tempat mancing yang merupakan dermaga penyeberangan di Pondok Dayung mengarah ke laut yang mana akan melewati spot DKB. Jadi kalau Dermaga Pondok Dayung di sebelah kiri, maka spot mancing di DKB sebelah kanannya yang ujungnya akan ke arah laut lepas. Nah, tidak jauh dari lokasi ini ada juga lokasi pemancingan laut lainnya yaitu Dam Tanjung Priok, yang juga merupakan tempat mancing populer di laut sekitar Jakarta Utara.

spot mancing laut jakarta utara, spot mancing laut dok, spot mancing DKB



Apa Itu DKB (Dok Kodja Bahari)?

Dok Kodja Bahari adalah asalah satu perusahaan BUMN yang bergerak dibidang perbaikan kapal, perakitan kapal baik kapal penumpang, kapal tongkang dan kapal lainnya. Jadi tempat ini adalah workshop sekaligus gudang dan tempat perakita kapal-kapal. Hal ini sangat penting diketahui oleh para pemancing. Jadi kalau mancing di spot DKB, itu sebenarnya bukan tempat mancing! Masih termasuk restricted area, area yang terbatas alias tidak semua orang bebas masuk ke lokasi ini. 

Dimana Posisi Spot Mancing DKB?

Untuk menuju ke spot mancing sama dengan menuju ke lokasi Dermaga Penyebrangan Pondok Dayung Tanjung Priok. Jadi sebelum sampai ke Dermaga Pondok Dayung sekitar 100 meter sebelah kanan jalan adalah DKB. Bagi sobat mancing yang belum pernah ke lokasi, silahkan arahkan tujuan sobat ke Dermaga Penyebrangan Pondok Dayung. Silahkan simak lokasi Dok Kodja Bahari melalui gambar di bawah ini.

lokasi spot mancing DKB



Bagaimana Cara Masuk Ke Spot Mancing Dok Kodja Bahari?

Seperti yang diulas di atas, tidak bisa sembarangan orang bisa masuk ke area Dok Kodja Bahari (DKB). Tempat ini terbatas hanya untuk karyawan dan pihak-pihak yang berkepentingan saja. Jika sobat mancing ingin mencoba spot mancing di Dok Kodja Bahari pastikan bahwa di dalam Dok sedang tidak ada pekerjaan, sedang tidak ada inspeksi atau hal-hal lain yang tidak boleh ada pihak luar yang mengganggu. Sobat harus datangi pos security dan tanyakan kondisi di dalam apakah sobat bisa ikut mancing di dalam atau tidak. Tentunya, jangan di hari kerja. Cari hari Sabtu atau Minggu atau malam hari di hari kerja. Intinya, sobat bisa masuk atau tidak tergantung dari keputusan security yang menjaga di depan gerbang. Lalu, apakah masuk ke DKBnya bayar? Nah, sobat cari tahu sendiri karena saya tidak akan menguraikannya di tulisan ini.

Bagaimana Kondisi Spot Mancing Dok Kodja Bahari?

Dari tempat parkir yang ada di dekat gerbang sobat harus berjalan kaki sekitar 5 menit untuk menjangkau spot sebelah kiri yang kanalnya merupakan lanjutan dari Dermaga Pondok Dayung. Membutuhkan waktu lebih lama lagi untuk menjangkau spot yang lebih dalam di sebelah kanan. Sayangnya, sampai saat ini saya belum pernah mencoba spot yang sebelah kanan. Security biasanya mengarahkan ke spot sebelah kiri di bagian ujung. Dari arah gerbang masuk, tinggal lurus sampai ke ujung. Kondisi spot mancing Dok Kodja Bahari lebih nyaman dibandingkan dengan di spot mancing dermaga penyeberangan karena tidak terganggu lalu lalang kapal seperti yang terjadi di dermaga. Tempat yang luas, adanya beberapa pilihan lokasi memancing menjadikan spot ini favorit saya yang kebetulan tempat tinggalnya tidak terlalu jauh dari Pelabuhan Tanjung Priok. Oh ya, sobat harus berhati-hati karena kadangkala banyak paku, besi, seng dan bahan-bahan berbahaya lainnya sisa perombakan kapal di sekitar spot mancing.

Apa Ikan Target Di Spot Mancing Dok Kodja Bahari?

Ikan yang dijadikan target di spot mancing Dok Kodja Bahari kurang lebih sama dengan di pinggiran Dermaga Pondok Dayung. Ikan kuwe, kakap putih, ikan kerapu, kakap tompel, kapi-kapi biasanya menjadi ikan langganan yang sering didapatkan sobat mancing di spot Dok Kodja Bahari. Selain itu sobat juga bisa memancing ikan belanak, ikan ketang-ketang (kiper), ikan baronang dan ikan kecil lainnya.

ikan target spot mancing DKB, spot mancing laut jakarta utara



Untuk umpan mancing, tempat penjualan udang hidup di sekitaran Pondok Dayung atau Pelabuhan Tanjung Priok dan segala informasi lainnya tentang spot mancing baik di Pondok Dayung maupun di Dok Kodja Bahari, sobat bisa simak informasinya di tulisan saya tentang spot mancing di Dermaga Polairud Pondok Dayung Pelabuhan Tanjung Priok.

Mancing Yuuk!




Related Posts

Posting Komentar