Hasil Mancing Saat Bulan Purnama Kurang Bagus? Ternyata Ini Penyebabnya!

Posting Komentar

Mancing Yuuk! Bagaimana hasil mancing saat terang bulan alias purnama? Apa tips mancing saat terang bulan agar hasilnya tidak jelek? Sebagian anglers mengeluhkan kenapa saat fase terang bulan atau full moon di kalender mancing dikasih rating tinggi? Sementara hasil mancing saat purnama seringkali kurang bagus, bahkan kadang jeblok alias boncos! "Wah, berarti kalender mancing bohong alias hoax dong?! Prediksinya palsu karena tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan." 

Gambar: Pinterest

Sabar dulu Boss!! Sobat mancing harus memahami prediksi yang disajikan pada kalender mancing dengan kenyataan di lapangan. Namanya juga prediksi tidak akan selalu akurat bukan!? "Tapi kan, hasilnya memang selalu kurang bagus kok kalau mancing saat bulan purnama, kenapa tetap dikasih rating tertinggi!? Harusnya kasih rating terendah, dong!" 

Mari saya ingatkan kembali mengenai kalender mancing. Kalender mancing asalnya dari teori solunar berisi pengamatan dan pengamalan pergerakan ikan, aktivitas ikan berdasarkan fase bulan. Fase bulan purnama, fase bulan baru, fase quartal awal dan akhir adalah fase-fase yang mana menurut teori solunar memiliki gaya gravitasi bulan tertinggi yang menyebabkan air laut pasang lebih tinggi dari biasanya. Pasang tertinggi dan surut terendah terjadi pada fase bulan baru dan bulan purnama. Nah, menurut teori solunar, pada fase ini aktifitas ikan sangat tinggi sehingga kemungkinan ketika sobat memancing diprediksi akan mendapatkan hasil terbaik.

Yang perlu saya tekankan, kalender mancing itu dasarnya diambil dari teori solunar dan teori ini berlaku universal. Namanya teori belum pasti kebenarannya tidak seperti "hukum". Teori solunar ini dipakai di seluruh dunia yang kemudian memasuki era teknologi modern dikembangkan menjadi kalender mancing di berbagai aplikasi smartphone. Bisa jadi di Indonesia saat purnama tidak memang tidak bagus baik itu untuk memancing maupun untuk menjaring ikan. Tapi di negara lain mungkin hasil terbaik saat mancing justru pada fase bulan purnama. Jadi, apa sebenarnya yang menyebabkan hasil memancing saat bulan purnama tidak bagus? Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya.

Arus Air Laut Kencang Dan Ombak Besar

Penyebab pertama kenapa hasil mancing saat bulan purnama kurang bagus adalah arus air laut terutama arus bawah yang kencang dan biasanya disertai dengan ombak yang lebih besar. Selain pada saat fase bulan baru, tingginya gaya gravitas bulan saat purnama juga menyebabkan air laut akan mengalami pasang tertinggi. Pada momen ini, di dalam laut arus akan kencang dan juga biasanya ombak akan lebih besar dari fase bulan lainnya. Hal ini menyebabkan plankton yang menjadi sumber utama makanan ikan bergerak menyebar dengan cepat dan tidak berkumpul di suatu tempat tertentu. Akibatnya, keberadaan ikan juga akan tersebar mengikuti pergerakan plankton. Masalahnya, arus di laut pada saat purnama juga cepat mengalami perubahan sehingga pergerakan plankton akan sangat cepat berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Ketika kondisi ini terjadi, ikan juga akan susah untuk ditemukan berkumpul pada satu titik karena akan menyebar mencari sumber makanan.

Cahaya Bulan Terlalu Terang

Malam hari pada saat cahaya bulan purnama sangat terang, plankton tidak bisa dikumpulkan pada satu titik tertentu. Pada saat memancing malam hari, untuk menarik kehadiran plankton mendekat ke arah kapal adalah dengan menyalakan lampu. Cahaya lampu akan membuat plankton mendekat sehingga ikan-ikan kecil juga akan mendekat untuk berburu plankton. Ketika ikan kecil semakin banyak, ikan predator yang berukuran besar juga akan mendekat. Masalah yang terjadi adalah pada saat cahaya bulan terlalu terang, plankton juga akan menyebar dan tidak bisa dikumpulkan di satu titik seperti di dekat kapal. Efeknya ketika plankton menyebar, ikanpun akan sulit ditemukan.

Ikan Melakukan Pemijahan / Perkawinan

Suhu air laut pada saat purnama biasanya lebih hangat daripada pada fase bulan lainnya. Beberapa jenis ikan akan melakukan perkawinan atau pemijahan sehingga tidak terlalu bernafsu untuk mencari makanan. Meskipun di suatu spot sedang terdapat banyak ikan tetapi jika konsentrasi ikan adalah untuk perkawinan, maka umpan apapun yang ditawarkan tidak akan disambar oleh ikan. Jadi, jangan ganggu ikan yang sedang indehoy, ya.... hahaha!

Tips Mancing Saat Terang Bulan

Agak sulit untuk menjelaskan apakah fenomena terang bulan memang benar-benar berpengaruh terhadap hasil memancing terutama di laut. Faktor-faktor di atas yang diduga menjadi penyebab minimnya hasil memancing saat bulan purnama memang benar adanya tapi mungkin di belahan dunia lain yang masih banyak terdapat ikan dan spot yang masih terjaga dengan baik, hasil mancing. Fakta di lapangan pun selama bulan purnama hasil mancing saya tidak pernah bagus. Satu dua ekor ikan masih untung. Seringnya zonk alias boncos. Baik itu mancing siang atau malam hasilnya sama saja. 

Berikut beberapa tips mancing saat terang bulan alias purnama agar hasilnya tidak mengecewakan sobat mancing.

  • Tidak pergi mancing saat fase bulan benar-benar full (purnama penuh). Sobat bisa menyimak kalender mancing atau mengamati fase bulan di daerah masing-masing.
  • Geser agenda mancing anda menjadi dua atau tiga hari sebelum atau sesudah fase bulan purnama. Di kalender mancing, fase-fase bulan tersebut masih memiliki rating tinggi.
  • Mancing di  laut dengan spot yang masih banyak rumpon alami atau buatan. Saat arus air laut kencang setidaknya ikan-ikan akan ada dan bersembunyi di sekitar rumpon.
  • Dengan cahaya bulan yang sangat terang pada malam hari, hindari mancing malam apalagi di tengah laut.

Demikian ulasan mengenai penyebab hasil mancing yang kurang bagus saat fase bulan purnama dan tips mancing saat terang bulan. Perlu ditegaskan bahwa, hasil mancing ini bersifat relatif berdasarkan pengalaman sendiri dan sharing dari komunitas mancing. Mungkin saja ada dari sobat mancing lainnya yang tetap mendapatkan hasil bagus ketika memancing pada saat bulan purnama.

Mancing Yuuk!




Related Posts

Posting Komentar