Cara Membuat Kenur Pancing Menjadi Kuat, Lemas & Cepat Tenggelam

Kenur atau senar pancing yang kuat, lemas dan mudah tenggelam pasti akan jadi idaman bagi semua angler. Dibandingkan dengan senar PE (braided) atau multifilamen, senar pancing (kenur) nylon memerlukan waktu berkala untuk diganti dari spul reel karena seiring berjalannya waktu kenur  nylon akan mengalami kerusakan. Kerusakannya akan semakin cepat jika sering dipakai dispot air asin (laut). Kerusakan yang dialami oleh kenur  nylon biasanya berupa warna senar semakin memudar, senar lecet karena sering beradu dengan benda-benda di dalam air (abrasi) dan senar nylon menjadi rapuh alias getas atau tepo (cepat putus).

cara merebus kenur, cara merebus senar pancing, cara merebus tali pancing nylon, cara membuat kenur pancing menjadi kuat, lemar dan cepat tenggelam, cara membuat kenur pancing agar tidak mudah putus
Ilustrasi Gambar: profishingvideos



Tentu saja dengan harga yang relatif lebih murah daripada tali pancing PE, kenur nylon justru akan lebih sering menguras dompet sobat pancing karena harus sering diganti seiring waktu. Kenur nylon yang baru dibelipun kadang memiliki kelemahan karena ketika sampai di perairan, senar tidak mudah tenggelam. Meskipun timah pemberat sudah mencapai dasar, kenur nylon yang masih baru biasanya tetap di permukaan sehingga sobat akan kesulitan untuk mendeteksi apakah umpan disambar oleh ikan atau tidak. Tidak jarang, pada momen ketika kenur masih di atas permukaan, terjadi sambaran ikan. Karena kenur tidak cepat tenggelam dan belum dalam posisi tegang, sobat tidak merasakan apapun ketika ikan menyambar umpan sehingga ikan lolos tanpa terdeteksi.

Cara Merawat & Membuat Kenur Pancing Tidak Mudah Putus

Meskipun senar nylon lebih cepat mengalami kerusakan, ada triks yang perlu angler lakukan agar senar nylon lebih awet, lebih kuat dan lebih cepat tenggelam ketika berada di dalam air. Cara membuat senar pancing tipe nylon agar menjadi lebih kuat dan cepat tenggelam adalah dengan merebus menggunakan air teh. Bagaimana cara merebus senar agar dihasilkan senar yang lebih awet, kuat dan mudah tenggelam? Simak caranya berikut ini.
  • Siapkan rebusan air dalam wadah panci
  • Biarkan air sampai mendidih kemudian masukan 1 bungkus teh tubruk (ada yang menggunakan teh celup), disarankan lebih baik menggunakan teh tubruk
  • Aduk daun teh sampai larut dan berubah warna menjadi kecoklatan
  • Matikan kompornya, tuangkan air rebusan teh tadi ke dalam baskom sambil disaring agar air yang ditampung tidak ada sisa daun teh.
  • Lalu masukan kenurnya dengan cara diulur dari spool langsung. Caranya dengan membuka bail arm atau kendorkan drag sampai maksimal agar senar mudah diulur
  • Jangan merendam spoolnya ke dalam air karena akan merusak komponen di dalam reel
  • Biarkan kenurnya terurai ke dalam baskom, selama tidak diaduk dan pada waktu mengulurnya benar posisinya kenur tidak akan kusut di dalam baskom
  • Rendam sampai air menjadi hangat tetapi jangan sampai airnya terlalu dingin. Untuk mengujinya bisa dengan mencelupkan jari telunjuk ke dalam baskom
  • Setelah itu, ambil ujung kenur kemudian gulung secara manual menggunakan rol senar atau botol bekas. 
  • Pada waktu menggulung kenur agak sedikit ditarik, gulung dengan cara manual menggunakan tangan dengan posisi jari dibungkus kain agar tidak ada air yang tersisa di kenur
  • Jika dirasa kurang ulangi semua proses sampai 2-3 pengulangan.
  • Terakhir gulung kenur ke spool reel
Cara di atas mungkin belum bisa dibuktikan secara ilmiah apa yang membuat senar nyolon lebih lemas, lebih mudah tenggelam dan lebih kuat setelah direbus dengan rendaman daun teh. Tapi berdasarkan pengalaman saya pribadi, kenur nylon memang menjadi lebih lentur dan pada saat di air lebih cepat tenggelam. Bukti bahwa senar lebih kuat dari sebelumnya adalah ketika senar tersangkut lebih susah untuk memutuskannya daripada sebelum direndam dengan menggunakan air daun teh.

Beberapa Pertanyaan Perihal Cara Merebus Kenur Dengan Air Teh

Kenapa tidak menggunakan botol waktu merendam kenur? Tidak ada yang melarang merebus menggunakan botol bekas atau langsung dari gulungan senar, tapi jika senar sudah tergulung dalam botol maka ketika direndam tidak akan merata, karena kenur yang ada di bagian paling bawah akan tertutup kenur di atasnya. Lalu pertimbangan kedua, apabila kenur digulung dengan botol pada waktu merendam ada kemungkinan bentuk bentuk kenur menjadi melingkar lingkar seperti waktu tergulung pada botol (mengikuti bentuk botol)

Kenapa menggulung kenur dari dalam baskom dilakukan pada waktu air teh masih hangat? Senar pancing atau kenur akan mudah diambil apabila kondisi airnya masih hangat dan hal ini untuk menghindari kusut, karena kenur dalam kondisi terurai bebas di baskom.

Kenapa Daun Teh Harus Disaring? Jika serbuk daun teh dibiarkan di dalam wadah, lalu sobat meletakkan senar yang diurai ke dalam wadah, pada saat digulung serbuk itu akan membuat senar menjadi kusut.

Apa Efek Samping Bagi Kenur Setelah Direndam Air Rebusan Daun Teh? Biasanya senar pancing atau kenur akan berubah warna sesuai warna air teh, yaitu kecoklatan.

Bolehkah mencampur daun teh dengan bahan lainnya saat merendam kenur? Kalau penulis pribadi, dapat info dari kerabat dekat selain daun teh beliau menambahkan beberapa helai daun jambu biji yang agak tua. Entah efeknya bertambah kuat atau tidak yang jelas hasilnya kurang lebih sama ketika hanya menggunakan daun teh saja. Silahkan jika sobat ingin mencobanya memadukan daun teh dan daun jambu biji secara bersamaan.

Demikain ulasan mengenai cara membuat kenur pancing menjadi kuat, lemas & cepat tenggelam. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Mancing Yuuk!

Related Posts

Posting Komentar