Jurus Paten Mencegah Mabuk Laut Saat Memancing

Posting Komentar

Mancing Yuuk! Seorang angler yang mengalami mabuk di laut bertanya kepada saya. "Ada gak obat anti mabuk laut selain Antimo?" Obat anti mabuk laut saat mancing apa ya?". Intinya dia menanyakan obat mabuk laut yang bisa dibeli di apotik karena sudah dua kali memancing di tengah laut dan selalu mabuk. Padahal sudah minum obat mabuk merek yang sangat populer, tapi tidak bisa mencegah mabuk saat memancing. Alhasil, boro-boro mancing, yang ada ikut numpang bobo-bobo cantik di kapal doang..hahaha...

obat untuk mabuk laut selain antimo, tips mencegah mabuk laut saat memancing, penyebab mabuk laut, tips agar tidak mabuk laut
Ilustrasi Mabuk Laut (Gambar: gCaptain)


Salah satu cara memancing di tengah laut adalah dengan menggunakan kapal. Kalau di daerah Jakarta dan sekitarnya populer dengan sebutan mancing "ngapung".  Jika sobat mancing selama ini hanya memancing di sekitar pinggiran sungai, danau atau laut, maka memancing di tengah laut akan menjadi pengalaman sekaligus petualangan yang mengasyikkan. Tentu saja, tidak semua angler menyukai mancing di tengah laut karena butuh persiapan logistik yang lebih serta harus memiliki ketahanan fisik yang kuat terutama untuk mencegah  mabuk laut.

Tips Mencegah Mabuk Laut Saat Memancing

Kendala saat mancing di laut selain ongkos yang relatif mahal adalah mabuk laut. Sobat mancing boleh jagoan ketika di dalam mobil, melaju mendaki bukit, jalan berkelok, menuruni lembah tanpa mabuk atau merasa pusing. Tapi, ketika di atas perahu atau kapal nelayan dan saat kapal tersebut berhenti di spot mancing tertentu di tengah laut, lalu ombak berayun dari mulai pelan sampai dengan ombak besar. Apa yang terjadi? Kepala pusing, perut mual seperti diaduk-aduk, lalu muntah sampai semua isi dalam perut keluar. Ini yang dinamakan dengan mabuk laut. Dan, luar biasa banget rasanya saat mengalami mabuk laut. Jangankan untuk mancing, buat duduk di atas kapal saja rasanya sudah tidak sanggup.

obat mabu laut di apotek, obat mabuk laut selain antimo, obat paten untuk mabuk di laut
Dramamine, Obat Paten Untuk Mencegah Mabuk Laut


Secara medis, seperti dikutip dari halodoc, mabuk laut sama dengan mabuk perjalanan lainnya. Mabuk laut terjadi karena adanya ketidakseimbangan cairan di dalam telinga yang bertugas mengatur keseimbangan tubuh. Kondisi ini dipicu oleh guncangan kapal selama perjalanan akibat ombak dan angin. Hal inilah yang dapat menyebabkan keseimbangan tubuh menjadi kacau dan menyebabkan mabuk laut.

Sobat mancing yang pernah mengalami mabuk laut sebagian pasti merasa kapok untuk mancing ngapung lagi. Sebagian lainnya lanjut terus karena banyak yang bilang bahwa pada awalnya memang mabuk laut, tapi setelah beberapa kali jadi terbiasa dan tidak mengalami mabuk laut lagi. Nah, berikut beberapa tips cara mencegah agar tidak mabuk laut saat memancing.

  • Istirahat yang cukup sebelum berangkat ngapung. Pada umumnya memancing ngapung dilakukan dini hari. Kebanyakan angler tidak cukup tidur karena sibuk melakukan persiapan sehingga saat berada di kapal akan merasa pusing dan masuk angin. Saat dalam perjalanan menuju spot gunakan untuk tidur sehingga saat sampai di spot tubuh merasa lebih segar.
  • Gunakan pakaian hangat selama di perjalanan. Kondisi laut yang terbuka menyebabkan angin secara leluasa akan menerpa bagian tubuh kita. Dengan menggunakan pakaian hangat sobat mancing bisa terhindar dari masuk angin yang akan menyebabkan mabuk laut.
  • Makan dan minum secukupnya. Membiarkan perut kosong akan menyebabkan sobat mudah terkena masuk angin. Sebaliknya makan terlalu kenyang akan membuat sobat cepat mual apalagi jika terpaan ombak cukup kencang.
  • Tidak fokus ke satu titik tertentu apalagi sering melihat ombak. Usahakan tidak membaca buku, tidak sering melihat layar handphone karena pandangan yang terlalu fokus pada satu titik akan memicu terjadinya pusing dan mabuk laut.
  • Jika ada teman seperjalanan yang mabuk terlebih dulu, tidak perlu dilihat. Rasa sugesti ketika melihat teman yang mabuk akan ikut memacu sobat sehingga ikut mengalami mabuk laut.
  • Minum minuman jahe atau mengunyah permen jahe bisa mengurangi pusing.
  • Jika cara di atas masih belum bisa membantu, konsumi obat anti mabuk yang bisa dibeli di apotek. Merek yang direkomendasikan oleh angler adalah "Dramamine". Silahkan cari di apotek terdekat atau sobat bisa membelinya secara online.
  • Selain obat, sobat bisa juga mencegah mabuk laut dengan menempelkan koyo pada bagian pusar. Rasa hangat di sekitar perut akan membantu meringankan mual akibat mabuk laut.
  • Selain obat dan koyo, sobat bisa melakukan pijat refleksi sendiri pada titik seperti pada gambar di bawah.

titik refleksi untuk mual dan muntah, cara mencegah mabuk laut, obat anti mabuk laut
Pijat Refleksi Mengatasi Mual

Dengan tips cara mencegah mabuk laut saat memancing seperti yang diuraikan di atas, sobat mancing akan menikmati suasana mancing di tengah laut. Tentu saja sensasi memancing di tengah laut akan berbeda dibandingkan dengan mancing biasa di pinggiran.

Mancing Yuuk!

Related Posts

Posting Komentar